Tips dan Cara Mengatasi Baterai Hp Kembung

Sudah pernahkah Anda mengalami baterai hp yang kembung? Bagi kebanyakan orang, baterai HP yang kembung dianggap hal yang biasa, sehingga mereka membiarkannya begitu saja. Padahal baterai yang kembung dapat memberikan hal negatif bagi HP Anda. Mengapa? Karena baterai hp yang kembung mempunyai daya isi baterai yang cepat berkurang meskipun sudah diisi dayanya hingga penuh. Baterai hp yang kembung juga merusak casing HP karena casing penutup tidak dapat menutup secara sempurna. Jika Anda mengalami hal tersebut, ikuti cara mengatasi baterai hp kembung berikut ini.
baca juga : harga lantai kayu

Cara Mengatasi Baterai Hp Yang Kembung

Tips tradisional ini untuk memperbaiki baterai hp kembung ini mungkin dapat berguna, khususnya untuk Anda yang tidak memiliki dana yang cukup untuk membeli baterai hp yang baru. Cara ini merupakan cara yang dapat Anda coba di rumah. Cara yang pertama, Anda harus memastikan bahwa baterai hp dalam keadaan yang kembung, karena jika masih normal atau tidak kembung, baterai bukannya dayanya akan bertahan lama, namun justru menjadi drop. Cara mengecek baterai kembung ini bisa dilakukan dengan meletakkan baterai di layar datar dan memutarnya.

gambar cara mengatasi baterai hp kembung

Apabila putarannya cepat, maka baterai hp benar-benar kembung. Kemudian, bungkus baterai HP yang mengembung tersebut, Anda bisa menutupnya menggunakan plastik. Pastikan menutupnya secara rapat tidak ada kebocoran sedikit pun. Lalu, masukkan baterai yang telah ditutup ke dalam freezer kulkas dan diamkan selama 24 jam. Keluarkan baterai hp dari freezer dan buka pembungkusnya dan keringkan baterai menggunakan kain kering, khususnya di bagian terminalnya. Jika Anda benar melakukakannya, maka baterai hp yang tadinya kembung bisa kurus atau ramping.

informasi lainnya :  spesifikasi hp Acer Liquid Z110

Jika ingin memastikan perubahannya, letakkan hp di daerah yang datar dan putar baterai, jika baterai tidak bisa berputar maka cara ini berhasil. Jika tidak berhasil, maka Anda harus membeli baterai baru dan melakukan pencegahan baterai agar tidak melembung. Cara melakukan pencegahannya sangat mudah yaitu jangan memainkan hp saat sedang mengisi daya baterai, supaya lebih aman dinonaktifkan ketika sedang mengisi baterai. Selain itu, jangan mengisi baterai terlalu lama karena bisa menyebabkan baterai cepat kembung. 

Terkadang ketika baterai hp sedang panas, pengguna masih menggunakan hp tersebut. Namun tahukah Anda, hal tersebut sebenarnya tidak baik karena bisa menyebabkan baterai hp mengembung. Sebaiknya ketika hp panas, berhentilah memainkan hp dan diamkan sejenak hingga panas hp hilang. Selain itu, jangan sembarangan menggunakan charger hp sebaiknya gunakan charger hp produk dari hp tersebut. Jika tidak mengikuti anjuran tersebut maka resikonya bateri hp cepat kembung dan rusak.
Ya, itulah beberapa tips dan cara mengatasi baterai hp kembung. Semoga informasi diatas dapat membantu Anda yang sedang mengalami baterai hp kembung. 

sumber : niagakomputer